Kebiasaan Rajin Mencuci Tangan

Menjaga kesehatan dimulai dari hal kecil seperti mencuci tangan, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, dimana mencuci tangan yang sebelumnya sepele menjadi sangat penting. Mulai dari tempat ibadah umum, mall, supermarket hingga café dan tempat umum disediakan tempat khusus untuk mencuci tangan. Pada bacaan ini, kami akan memberikan informasi terkait tujuan, tata cara dan manfaat daripada mencuci tangan itu sendiri.

Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih merupakan cara paling sederhana yang terbukti secara ilmiah efektif membantu melindungi anda dari patogen seperti bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya yang berbahaya. Meskipun demikian, masih banyak orang yang sering mengabaikan cara terbaik menjaga kebersihan tangan yang satu ini karena menganggap bahwa tangan yang bersih adalah tangan yang tampak bersih secara kasat mata atau tidak nampak kotoran serta noda di bagian telapak tangan.

Dengan mempelajari langkah cuci tangan dengan sabun, serta tujuan mencuci tangan dengan baik dan benar, maka anda dapat memahami secara detail tujuan mencuci tangan di tengah wabah COVID-19 sekarang ini.

Kenapa sih kita harus mencuci tangan dengan baik dan benar?

Masih ada banyak orang yang perlu lebih memahami tujuan utama dari mencuci tangan, khususnya dengan cara yang efektif yaitu dengan menggunakan sabun dan air bersih.

Karena faktanya, sekitar 50% pria dan 22% wanita tidak menggunakan sabun ketika mencuci tangan, dan bahkan kebanyakan dari mereka hanya mencuci telapak tangan ketika mencuci tangan.

Tujuan mencuci tangan menurut WHO adalah:

  1. Melindungi diri dari berbagai macam infeksi dan penyakit berbahaya.

Bagian tangan seperti sela-sela kuku dan jari seringkali menjadi tempat pelabuhan bakteri pada tangan anda. Meskipun ada beberapa jenis bakteri baik untuk tubuh manusia, namun beberapa kuman yang terbawa oleh tangan manusia cenderung berpotensi risiko kesehatan serius bagi manusia, seperti infeksi dan penyakit.

Disisi lain, manusia umumnya sering menyentuh beberapa bagian muka seperti mata, hidung, dan mulut mereka tanpa pernah mengetahui bahwa ada banyak patogen berbahaya seperti bakteri dan virus dapat masuk kedalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya.

Oleh karenanya, salah satu manfaat mencuci tangan adalah untuk melindungi diri anda dari berbagai macam infeksi dan penyakit berbahaya yang umumnya disebabkan oleh tangan, seperti infeksi kulit dan mata, diare, influenza dan penyakit pernapasan serius termasuk Covid-19.

 

  1. Mencegah penyebaran bakteri dan virus ke orang lain melalui tangan.

Kuman dan bakteri dapat menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang yang lain. Bakteri dapat menyebar baik melalui kontak tidak langsung (melalui benda atau permukaan yang tersentuh) maupun kontak langsung misalnya berjabat tangan. Berjabat tangan merupakan kontak langsung dan merupakan media yang paling sempurna untuk menularkan bakteri dan penyakit menular kepada orang lain.

Pernyataan ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) diperkirakan sekitar 80% kuman penyebab penyakit berbahaya ditularkan melalui kontak melalui tangan (sentuhan manusia ke manusia yang lainnya).

Setelah mengetahui tujuannya, selanjutnya adalah bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

Langkah-Langkah Mencuci Tangan

Apakah Sobat Sehat sudah paham tentang bagaimana mencuci tangan dengan benar?

Menurut Kemenkes, berikut langkah-langkah mencuci tangan:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir, selanjutnya gunakan sabun secara merata lalu gosokkan kedua telapak tangan.
  2. Gosok kedua punggung tangan secara bergantian untuk menghilangkan kuman pada bagian luar tangan.
  3. Setelah itu gosok bagian sela-sela jari.
  4. Bersihkan bagian ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.
  5. Lalu genggam ibu jari lalu gosok dengan gerakan berputar.
  6. Letakkan ujung jari atau ujung kuku pada telapak tangan lainnya dan gosok memutar secara perlahan.
  7. Bersihkan pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar.
  8. Tahap akhir adalah bilas dengan air mengalir lalu keringkan dengan tisu kering. Gunakan tisu untuk menutup kran.

 

 

Setidaknya, dibutuhkan minimal 20 detik untuk mencuci tangan anda hingga bersih dan efektif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa saja manfaat dari kebiasaan rajin mencuci tangan?

  1. Mencuci Tangan Dapat Cegah Penyakit Serius

Membiasakan diri untuk rajin cuci tangan akan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit serius yang sebelumnya mungkin saja sering dianggap sepele. Kita semua tahu bahwa bagian tubuh yang paling rentan menjadi sarang virus dan bakteri adalah tangan. Penyakit-penyakit yang bisa kamu cegah dengan rajin mencuci tangan adalah infeksi parasit, diare, infeksi nosokomial, pneumonia, mencegah wabah seperti Corona, hepatitis A hingga gastroenteritis.

  1. Mencegah Potensi Resistensi Antimikroba

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), resistensi antimikroba (antimicrobial resistance/AMR), khususnya resistensi terhadap antibiotik, terus berkembang. Di Eropa, sekitar ratusan ribu pasien meninggal akibat infeksi yang terkait dengan perawatan kesehatan (health care-associated infections/HAI), dan penyakit yang disebabkan oleh resisten kuman terhadap obat antimikroba.

Nah, menurut pakar di WHO, petugas kesehatan dan publik memiliki tanggung jawab untuk mencegah dan mengendalikan AMR dan HAI. Tujuannya untuk mencegah komplikasi dan kematian pada pasien. Pertanyaannya, bagaimana cara melakukannya?

Sebagian besar hal ini dapat dicegah dengan meningkatkan praktik kebersihan tangan, dan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi lainnya.

  1. Lebih Efektif dari pada Hand Sanitizer

Studi di American Society for Microbiology mengungkapkan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lebih efektif daripada setetes gel dari hand sanitizer.Mencuci dengan sabun akan mengeluarkan sel-sel virus dari tangan kita, dan membilasnya dengan air akan menghilangkan virus sepenuhnya, dan langsung membuangnya ke saluran pembuangan. Selain itu, dibandingkan dengan hand sanitizer, air dan sabun lebih efektif untuk membersihkan tangan yang kotor dan berminyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *