Permainan Bola Voli

Sejarah Bola Voli

Bola voli pertama kali di temukan oleh seorang tokoh asal Amerika bernama William G. Morgan pada tahun 1895. Pada awal penemuannya, bola voli ini diberi nama “Mintonette. Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, handball (bola tangan), dan badminton. Dikutip dari New England Historical Society di sebutkan” Putting his mind to the challenge, Morgan examined the rules of sports such as baseball, basketball, handball and badminton. Taking pieces from each, he created a game he called Mintonette. He took the name from badminton” nama mintonette terinspirasi dari olahraga bulu tangkis yang sudah ada sebelumnya, begitu pula dengan perlengkapan serta teknik permainannya.

Pada mulanya minitonette diciptakan khusus anggota YMCA untuk usia dewasa. Perubahan nama menjadi Volley Ball (Bola voli) terjadi pada tahun 1896, tepatnya di pertandingan pertama acara internasioanl YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

 

 

Sejarah bola voli pertama kali masuk ke indonesia

Permainan bola voli di Indonesia masuk ketika massa penjajahan belanda sekitar tahun 1928. Pada awal masuknya bola voli ke indonesia hanya di mainkan para bangsawan dan orang-orang belanda. Mulanya perkembangan bola voli di Indonesia di pelopori oleh guru-guru pendidikan jasmani dari belanda, dan kemudian seiring berkembangnya waktu, bola voli pun dimainkan para tentara saat melakukan latihan di lapangan terbuka, mereka pun juga sering mengadakan pertandingan antar regu. Akhirnya Bola voli berkembang sangat pesat, kemudian melahirkan persatuan bola voli seluruh Indonesia tepatnya pada tanggal 22 Januari 1955.

Pengertian Bola Voli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang pengertian bola voli, berikut ini salah satunya:

  1. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

pengertian bola voli adalah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Dengan aturan setiap tim memiliki kesempatan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola, dan bola melewati net dan jatuh menyentuh lantai lawan.

  1. Mahfud Irsyada

Mahfud Irsyada menjelaskan bahwa pengertian bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan dua tim, dan masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

  1. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi menjelaskan bahwa pengertian bola voli adalah permainan olah raga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain. Dimana setiap regu berupaya untuk memukul jatuh bola ke dalam lapangan lawan melalui bagian atas net penghalang. Kesimpula nya, bola voli merupakan permainan bola besar yang melibatkat 2 tim(regu) yang di batasi oleh net sebagai pengahalang untuk mendapatkan point.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *