Sehat di tengah Pandemi

Menjadi sehat tentu saja menyenangkan. Banyak hal yang hanya bisa dilakukan selagi kita sehat, tapi menjadi selalu sehat itu butuh usaha lebih. Apalagi di tengah pandemi begini, menjaga kesehatan jadi butuh usaha ekstra.

Tapi tenang, kita tetap bisa selalu jaga kesehatan meski di tengah pandemi, lho! Emangnya bisa? Tentu bisa!
Caranya dengan selalu menjaga imunitas tubuh.
Apa sih imunitas tubuh itu?

 

Imunitas tubuh adalah sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Jadi sebetulnya, tubuh kita sudah punya sistem kekebalan alami, tapi kita tetap perlu menjaga agar sistem kekebalan alami itu tetap kuat untuk menghadapi berbagai penyakit.

Caranya?

page1image40208912

Cara paling ampuh dan mudah adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Tidur teratur, makan teratur, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum cukup air, dan olahraga secara rutin adalah cara yang paling umum dan mudah untuk dilakukan.

Tapi berhubung sekarang ada pandemi, kita harus melakukan langkah ekstra supaya imunitas tubuh kita tetap kuat.

Apa aja sih hal-hal ekstra yang bisa kita lakukan supaya imunitas tubuh kita tetap terjaga di tengah pandemi?

Pertama!

1. KonsumsiVitamin

page2image40367568

Sebagai tambahan, jambu biji mengandung dua kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Konsumsi buah dapat dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi jus dan olahan lainnya. Tapi ingat! Jangan terlalu banyak menambahkan gula pada olahanya, ya!

Selain buah, kita dapat juga mengonsumsi suplemen vitamin untuk mendapatkan vitamin yang kita butuhkan. Konsumsi vitamin memang diperlukan oleh tubuh kita, jadi ada baiknya kalau kita tetap mengonsumsi vitamin meski tidak sedang berada di tengah pandemi.

Konsumsi vitamin dapat membantu menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Di tengah pandemi ini, kita dianjurkan untuk mengonsumsi cukup vitamin C. Beberapa buah-buahan mengandung cukup banyak vitamin C yang dibutuhkan oleh kita, seperti yang terdapat pada jeruk, jambu biji, dan pepaya.

Tapi, konsumsi vitamin saja masih kurang untuk menjaga imunitas tubuh. Disamping konsumsi vitamin, kita juga harus secara teratur mengonsumsi makanan bergizi.

2. MakananBergizi

Kita perlu makan supaya tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Tapi apa hanya itu fungsi makan bagi kita? Tentu tidak.

Makanan yang kita konsumsi
sehari-hari juga berperan penting
untuk menjaga tubuh kita tetap
sehat, ini termasuk menjaga
imunitas tubuh kita tetap kuat untuk menghadapi berbagai penyakit, lho!

Konsumsi buah dan sayuran secara rutin di samping konsumsi makanan utama, hal ini karena buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi tubuh untuk memperkuat sistem imun tubuh kita.

Selain konsumsi makanan bergizi, ada juga hal yang sama pentingnya dengan makan.

page3image40346928

3. Minum!

page3image40349056

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya konsumsi air bagi tubuh, padahal penyebab banyak penyakit mematikan itu karena kurangnya konsumsi air, lho!

Konsumsi air sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan cairan.

Kok bisa? Padahal tubuh manusia kan kebanyak terdiri dari air.

Tentu bisa! Air merupakan unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh tubuh membutuhkan air. Meskipun begitu, kita kehilangan banyak cairan tubuh melalui keringat, buang air, bahkan bernafas.

Dehidrasi kedengaran sepele, tapi dapat berakibat fatal jika diabaikan. Beberapa gejala dari dehidrasi ringan antara lain munculnya rasa nyeri, lelah, dan sakit kepala.

Apabila kita mulai merasakan gejala dehidrasi ringan, sebaiknya kita bergegas mengonsumsi air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Jika dibiarkan, dehidrasi ringan dapat menjadi akut dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti tekanan darah rendah hingga mempengaruhi jantung!

Jadi, selain konsumsi makanan, kita juga harus minum air secara teratur.

Ingat! Tidak semua cairan yang kita minum dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, jadi jangan terlalu sering mengonsumsi minuman-minuman buatan seperti soft drink dan semacamnya, karena itu bukanlah air yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setelah bahas makanan dan minuman, apa itu cukup buat menjaga imunitas tubuh? Belum dong.

Selain perlunya konsumsi makanan dan minuman secara teratur dan cukup, masih ada hal lain yang berkontribusi besar dalam menjaga imunitas tubuh.

Tentunya kita sering bergerak dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kan?

Ternyata bergerak itu juga turut andil dalam menjaga kesehatan fisik kita. Sehat secara fisik juga ikut membantu memperkuat imunitas tubuh, jadi keduanya saling berkaitan.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga tentu jadi hal yang muncuk kalau kita bahas soal kesehatan fisik tubuh kita dan memang olahraga itu cara terbaik dan termudah untuk membantu memperkuat imunitas tubuh.

Eh, tapi ingat, olahraga yang
salah justru akan membuat kita
sakit atau terluka. Sebaiknya kita
melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan kita dan tidak memaksakan diri. Olahraga yang baik untuk memperkuat tubuh adalah olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur. Olahraga ringan secara teratur jauh lebih baik dibanding olahraga berat yang hanya dilakukan sekali.

Karena itu, untuk menjaga pola hidup sehat, kita harus memiliki jadwal olahraga yang rutin dan teratur. Sisihkan 30 menit waktu kita untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging, dengan begitu kita telah menjalankan pola hidup sehat.

Membahas kesehatan fisik tentu tidak akan bermanfaat kalau kita tidak ikut menjaga kesehatan psikis kita. Maka dari itu, selain berolahraga secara rutin, kita juga harus menjaga kesehatan mental kita, terlebih saat pandemi seperti sekarang.

page5image40351296

5. KelolaStres

page6image39878400

melebihi batas dari tubuh kita.

Saat mengalami stres, kita akan merasakan tegang diiringi rasa gelisah dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Hal ini tidak hanya membuat kita tidak nyaman, namun juga berpengaruh besar terhadap sistem imunitas tubuh kita.

Jika kita mengalami stres, sistem imun tubuh kita akan bekerja lebih keras agar tetap bisa menjaga kesehatan tubuh, tentunya hal ini akan berakibat fatal karena sistem imun kita akan semakin lemah seiring stres yang kita alami. Oleh karena itu, kita harus dapat mengelola stres kita dengan baik.

Apabila kita mulai merasa nyeri, tegang, dan gelisah, sebaiknya kita berhenti melakukan aktivitas dan berisitirahat sambil melakukan relaksasi pada tubuh. Selain itu, kita bisa menyelingi waktu istirahat dengan mengonsumsi cukup air dan makanan bergizi agar tubuh kembali sehat.

Jika kita merasa kesehatan fisik dan psikis kita cukup sehat, masih ada hal yang bisa kita lakukan untuk terus menjaga imunitas tubuh kita, yaitu dengan tidur.

Masalah psikis yang paling sering muncul adalah stres.

Iya, stres. Stres yang dimaksud bukan berarti gila, melainkan perasaan lelah dan gelisah yang timbul akibat beban pikiran dan fisik. Stres dapat timbul akibat kita memaksakan tubuh untuk terus bekerja dan beraktivitas

page7image39862016

6. Tidur Teratur

Tidur dengan cukup adalah
cara sederhana lainnya yang
berperan penting dalam menjaga
kesehatan. Selain cukup, tidur juga
harus dilakukan secara teratur dan
bukan dengan seenaknya. Tidur
malam yang cukup kemudian diikuti bangun di pagi hari, lakukan secara rutin dan kita akan hidup lebih sehat.

Meski tidur dapat membantu menjaga kesehatan, sebaiknya tidur tidak dilakukan secara berlebihan juga. Tidur yang terlalu lama justru dapat mengakibatkan penyakit seperti sakit kepala.

Jadi, pastikan kita mendapat tidur yang cukup serta teratur agar sistem imunitas tubuh kita tidak melemah. Biasakan untuk tidak begadang dan memaksakan diri apabila diri kita sudah lelah. Rasa lelah adalah indikator alami yang menunjukan bahwa kita harus beristirahat.

Pola makan sehat dan pola hidup sehat adalah cara yang ampuh untuk menjaga sistem imun tubuh kita saat terjadi pandemi seperti sekarang.

Selain hidup secara sehat, penting juga bagi kita untuk mengurangi penyebaran penyakit. Di tengah pandemi Corona ini, kita dapat menerapkan 3M untuk mengurangi penyebaran penyakit yang mungkin terjadi.

Apa itu 3M?
Kita mungkin sering mendengar dan melihat 3M di berbagai tempat, tapi apa sih 3M

itu?

3M adalah 3 langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 atau Corona. Adapun 3M itu adalah:

Menggunakan Masker

Mencuci Tangan

Gunakan masker saat melakukan aktivitas di tempat yang terdapat banyak orang. Ada baiknya jika kita selalu menggunakan masker saat hendak beraktivitas.

page8image39858544 page8image39860784

Biasakanlah untuk mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun, terutama saat melakukan aktivitas di tempat yang terdapat banyak orang.

Langkah yang lebih baik adalah
untuk segera membersihkan tubuh dan
pakaian setelah bepergian atau melakukan aktivitas di luar rumah.

Menjaga Jarak

Karena berbagai penyakit dapat menular melalui udara maupun kontak tidak langsung, kita dangat dianjurkan untuk menjaga jarak dengan orang lain, terutama di tengah pandemi Corona ini. Hindari kerumunan orang dan jaga jarak sekitar 2 meter dari orang lain.

page8image39904000

Itulah poin-poin sederhana yang ada pada 3M. Semuanya mudah untuk dilakukan, jadi ada baiknya kalau kita selalu menerapkan 3M kapan saja dan di mana saja, bahkan jika bukan dalam keadaan pandemi sekalipun.

REFERENSI

https://www.halodoc.com/artikel/cara-mudah-untuk-tingkatkan-sistem-imun https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-sistem-imun-lemah/?amp

https://amp.kompas.com/health/read/2020/04/20/180100568/7-kebiasaan-yang-bisa-turunkan- daya-tahan-tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *